Tubuh Tetap Bugar Selama Bulan Puasa, Lakukan Tips Berikut!

Tetap Bugar Selama Ramadan Bersama DuniaMasak via www.pinterest.ca

Kebanyakan dari kita seringkali mengeluh lemas ketika berpuasa. Padahal, berpuasa bukanlah halangan bagi kita beraktifitas. Beberapa cara berikut ini menunjang agar tubuh tetap bugar walaupun sedang berpuasa. Apa saja tipsnya? Simak penjelasan tim DuniaMasak ya!

Puasa Bukan Halangan, Tubuh Tetap Bugar!

Tetap Bugar Selama Ramadan via holidayme.com

Tetap Bugar Selama Ramadan via holidayme.com

Selama Puasa Sebaiknya Lakukan Tips Berikut

Sebelum Puasa: Makan Sahur

Pertama, aturlah waktumu untuk menyantap sahur di akhir waktu, atau ketika mendekati imsak. Selain berguna untuk menunjang puasamu di siang hari, makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunnah Rasul lho! Nggak ada salahnya kamu rutin sahur di akhir waktu.

Usahakan makanlah dengan porsi normal, jangan berlebihan. Fokuslah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, serta buah dan sayuran. Menyantap makanan yang mengandung banyak air selama sahur juga sangat baik untuk hidrasi tubuh kita sepanjang hari.

Baca lainnya  Makanan Dari Kartun yang Ada Di Dunia Nyata

Sebagai penutup sahur, akhiri santap sahur dengan segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuhmu. Minumlah suplemen ataupun multivitamin yang biasa kamu konsumsi ataupun yang disarankan oleh dokter. Oiya, kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis ketika sahur adalah salah. Karena justru dapat membuat tubuh lemas di siang hari lho!

Tips Selama Berpuasa

Pertama-tama, ketika berpuasa sempatkanlah untuk mengistirahatkan tubuhmu, dan mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur. Waktu setelah sholat zuhur merupakan saat yang tepat untuk beristirahat.

Berbeda halnya ketika hendak berbuka, jika memiliki waktu luang di sore hari, sempatkan untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda santai, ataupun yoga. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.

Baca lainnya  Tips Mengatur Dapur Sempit Agar Terlihat Lebih Luas

Tips Setelah Buka Puasa

Nah, saat waktu buka puasa tiba, jangan makan dengan berlebihan. Sebaiknya ikuti sunnah, yaitu dengan buah kurma dan minuman yang manis alami. Misalnya dengan susu, jus buah, ataupun sekedar air. Minumlah cukup air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Setelah magrib, lanjutkan dengan menyantap hidangan utama, dengan menu yang seimbang. Makanlah sesuai dengan porsi yang biasa kamu konsumsi, tidak perlu berlebihan ya! Cukupkan dengan karbohidrat, protein, serta sayuran dan buah-buahan. Terpenting adalah hindari makan gorengan berlebihan, serta batasi makanan yang pedas, agar perut tidak menjadi mules dan mengganggu pencernaan tubuhmu.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!