Usir Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil Kamu Dengan Cara Simpel Ini

Share artikel ini:

Hanya ada 2 jenis manusia di dunia ini, yang pertama adalah orang yang cuek dengan kondisi kabin mobilnya dan yang kedua orang yang selalu memperhatikan kondisi kabin mobilnya, nah untuk mereka yang cuek mungkin tidak akan terganggu dengan bau yang aneh atau menyengat dalam mobilnya, namun berbeda dengan kamu yang sangat memperhatikan kondisi dalam kabin mobil kamu.

Ada banyak faktor yang menjadi masalah utama timbulnya bau tak sedap pada dalam kabin mobil kamu, salah satunya adalah mobil yang baru dipakai perjalanan jauh sehingga menimbulkan berbagai macam aktifitas di dalam kabin seperti berserakannya serpihan makanan, penumpang yang merasa mual, atau jatuhnya minuman ke lantai mobil, semua aktifitas itu akan menimbulkan bau yang bercampur dan mungkin akan sangatĀ menimbulkan bau yang tidak sedap dalam kabin.

Ada banyak cara juga untuk membuat kabin mobil kamu menjadi kembali segar seperti semula, salah satunya adalah dengan menggunakan pengharum mobil, namun cara seperti ini dinilai kurang efektif karena selain harganya yang relatif mahal, pengharum mobil juga memiliki umur yang singkat, yakni 1-3 minggu saja paling lama.

Nah, untuk mensiasatinya ikutin yuk Tips dan DuniaMasak.com untuk sobat DuMa supaya kabin mobil kamu bisa wangi terus!

  1. Bubuk Kopi

    Bubuk Kopi via: http://beritahati.com/images/artikel/11168.jpg

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika Bubuk Kopi dapat menghilangkan bau pada kabin mobil anda. Kandungan asam pada bubuk kopi dan berbagai kandungannya akan menghasilkan aroma yang kuat dan mampu mengikat bau yang tidak sedap. Menghilangkan bau dengan menggunakan bubuk kopi ini sangat simpel, kamu hanya harus menaburi bubuk kopi diatas koran atau mangkuk kecil lalu taruh bubuk kopi tersbut di dalam kabin. Bubuk kopi ini sebaiknya ditaruh ketika kondisi mobil berhenti atau tidak sedang dipakai, kalau mobil ingin dipakai sebaiknya keluarkan bubuk kopi agar tidak berceceran dan mengotori lantai.

Bubuk Kopi via: http://cdn2.tstatic.net/sumsel/foto/bank/images/cara-alami-buat-mobil-anda-selalu-segar-dan-mangi-seperti-baru-beli_20150917_203325.jpg

 

Adapun cara lainnya selain menggunakan koran atau mangkuk kecil, yaitu dengan menaruhnya di wadah plastik (toples) lalu tutup wadah tersebut dengan plastik pembungkus yang sudah dilubangi kecil-kecil agar aroma bubuk kopi dapat tersebar ke seluruh kabin mobil.

 

 

  1. Daun Pandan

    Daun Pandan via: http://autobild.co.id/ckeditor/kcfinder/upload/images/TIPS/CAR%20CARE/20140415_Noda_Diesel-04.jpg

Aroma dari daun pandan ini memang tidak sekuat bubuk kopi, tetapi daun pandan memiliki aroma yang lebih sedap untuk dihirup. Kalau kamu ingin menggunakan bahan ini kamu harus menyiapkan daun pandan dalam jumlah yang cukup banyak, daun pandan yang baru dipetik atau masih segar bisa langsung diletakkan di dalam kabin atau area sumber bau itu muncul.

Bisa juga dirajang terlebih dahulu, kemudian ditempatkan di dalam wadah atau dibiarkan saja juga tidak apa. Kalau daun pandan sudah mulai layu makan gantilah dan pandan dengan yang baru lagi

  1. Sereh

    Daun Sereh via: http://1.bp.blogspot.com/-zHwi0x27uqI/VqY45SC2bGI/AAAAAAAAAoE/etFkSMBFcl0/s1600/sereh.jpg

Sangat mudah untuk menggunakan sereh sebagai pengusir bau pada kabin mobil. Patahkan 20-25 tangai sereh dan letakkan di bawah jok. Dengan begitu ia dapat menyegarkan udara di dalam kabin mobil.

  1. Bunga Melati

    Bunga Melati via: https://4.bp.blogspot.com/-ZWBuBpfAllc/WDztRdf17GI/AAAAAAAABxE/KBB2NBe39rs5E2KB6XEHV6ZuYGvtS1NBQCLcB/s1600/bunga-melati.jpg

Taruh bunga melati di bawah jok sebagai aroma terapi di dalam mobil. Coba letakkan seperempat kilogram bunga melati untuk hasil yang lebih baik!

  1. Baking Soda

    Baking Soda via: http://update.ahloo.com/wp-content/uploads/2016/06/ahloo-1500-asap-rokok-mobil-baking-soda.jpg

Percikkan bakin soda di beberapa bagian spot atau sumber bau kemudian diamkan selama satu malam. Kemudian bersihkan baking soda keesokan harinya menggunakan vacuum cleaner.

  1. Cuka Apel

    Cuka Apel via: https://3.bp.blogspot.com/-l3iiNjqH-kM/WFyVljpTToI/AAAAAAAA1Fg/ntmC8e0FTZUjr62udHTQykQJ6650-T4AACLcB/s640/cuka.jpg

Anda juga dapat menggunakan cuka apel untuk disemprotkan di beberapa bagian kabin mobil termasuk pada karpet.

Itu dia tadi beberapa bahan alami yang DuniaMasak.com berikan agar kabin mobil kamu selalu dalam keadaan wangi. jagalah kebersihan kabin mobil kamu, karena kebersihan itu adalah cerminan dari diri kamu sendiri.

Kalau kamu tidak memiliki waktu untuk membersihkan mobil kamu, bawalah ke tukang cuci mobil agar kebersihan mobil kamu tetap terjaga.

Namum kalau kamu ingin mendapatkan berbagai macam info menarik seputar makanan, resep, serta tempat hangout yang lagi hits banget, jangan lupa untuk Follow kita di Instagram ya @duniamasakid sampai bertemu di artikel berikutnya šŸ™‚

Share artikel ini:
Baca lainnya  Resep Jus Mentimun Lemon, Minuman Diet Sehat

Yuk bahas artikel ini!