Yuk, Rencanakan Resolusi Tahun Baru 2020

Resolusi tahun baru notes 2020 via freepik ala duniamasak

Pertama-tama, seluruh tim Duniamasak.com ingin mengucapkan Selamat Hari Natal 2019 dan Selamat Tahun Baru 2020 untuk sahabat Duma yang tersayang! Bagaimana malam tahun baru kemarin? Pasti meriah karena merayakan bersama keluarga dan kerabat dekat ya. Setelah perayaan, biasanya akan diiringi dengan merencanakan resolusi baru untuk tahun selanjutnya. Resolusi Tahun Baru adalah tradisi yang umumnya dilakukan oleh seseorang dengan cara berjanji untuk melakukan tindakan perbaikan diri yang akan dimulai pada awal tahun baru hingga akhir. Apakah sahabat Duma sudah menyusunnya sendiri atau bersama orang tercinta? Jika sudah menulis dalam list, tentu perlu diwujudkan juga dengan niat dan kemampuan yang ada. Bagaimana cara agar resolusi dapat terwujud dengan lancar dan berhasil hingga akhir? Yuk, rencanakan resolusi tahun baru 2020 dengan mengikuti tips berikut ini.

Tips Merencanakan Resolusi Tahun Baru

Mulai dari langkah kecil

Mulai dari hal kecil via freepik ala duniamasak
Mulai dari langkah kecil via freepik

Segala sesuatu tidak akan bisa digapai, jika belum memulainya. Jika masih ragu dalam menggapai yang besar, maka mulailah dengan langkah kecil yaitu rencana yang realitis sehingga akan yakin untuk bisa mewujudkannya. Nyatanya, langkah kecil ini justru yang akan menuai kesuksesan yang lebih besar kedepannya. Misalnya, ingin melakukan diet dan turun 5 kg dalam beberapa bulan. Buatlah jadwal berolahraga dan konsumsi makanan yang bergizi secara teratur. Mudah kan? Dan yang paling penting adalah tujuan tanpa rencana hanyalah sebuah impian saja. Jadi, ingatlah selalu bahwa perubahan yang besar dimulai dari sebuah langkah kecil.

Baca lainnya  Tips Membersihkan Racun dalam Hati, Yuk Mulai Hidup Sehat!

Beritau resolusi kepada keluarga atau teman

Resolusi tahun baru beritau teman ngobrol diskusi bersama keluarga via freepik ala duniamasak
Beritau resolusi kepada keluarga atau teman via freepik

Mungkin sebagian orang akan bingung, mengapa perlu untuk menceritakan rencana pribadi ke orang lain? Justru, dukungan dari keluarga atau teman terdekat akan membuat lebih berkomitmen dalam menggapai resolusi yang telah direncanakan. Jika sudah memberitahukan resolusi, maka kemungkinan akan lebih banyak menerima masukan, nasihat, dan bantuan yang akan diperoleh agar lebih cepat mencapai tujuan.

Buat batas waktu

Resolusi tahun baru menentukan batas waktu target 2020 via freepik ala duniamasak
Buat batas waktu via freepik

Dalam membuat rencana selama setahun, perlu adanya target waktu untuk mencapainya. Hal ini dilakukan agar bisa menyiapkan dan memperhitungkan kapan akan mencapai resolusi di tahun tersebut. Membuat target yang terbaik salah satu faktornya adalah termasuk waktu. Perlu diingat bahwa batas waktu yang dibuat harus realistis agar memungkinkan untuk mewujudkannya. Akan lebih baik jika target jangka panjang dipangkas menjadi target jangka pendek sehingga akan lebih cepat menggapainya disertai dengan strategi yang terbaik.

Baca lainnya  5 Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

Memiliki pikiran positif

Resolusi tahun baru tidak menyerah berpikir positif via freepik ala duniamasak
Memiliki pikiran positif via freepik

Kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda. Jika gagal sekali dua kali dalam menjalani resolusi, janganlah menjadi patah semangat. Jangan juga menjadi trauma karena hal itu bisa mengakibatkan resolusi tidak akan tercapai dengan sempurna. Saat mengalami kegagalan, sebaiknya berhenti sejenak dan lakukan evaluasi. Jika dirasa target masih terbilang ambisius, maka cobalah untuk memangkasnya menjadi target yang lebih realistis. Jika dirasa merasa jenuh dalam menjalani resolusi, coba buat variasi dengan mencari strategi baru dalam mencapainya. Tetap berpikir positif, semua masalah pasti akan ada jalan keluarnya.

Berikan penghargaan saat berhasil mencapai

Berikan penghargaan reward via freepik ala duniamasak
Berikan penghargaan saat berhasil mencapai via freepik

Jika beberapa dari resolusi sudah tercapai, sebaiknya rayakan secara manis dan bahagia. Penghargaan atau reward ini dapat menjadi penyemangat dan membuat tetap fokus untuk mewujudkan resolusi yang lainnya. Penghargaan ini bisa dirayakan misalnya jika berhasil diet selama sebulan, akan sangat gembira jika bisa memberikan hadiah kepada diri sendiri dengan berjalan-jalan ke tempat yang sudah diimpikan selama ini dan tak lupa untuk berswafoto dengan tubuh yang semakin bugar ini.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!