Apa Sih Perbedaan Panci Presto Dengan Slow Cooker?

Panci Presto Dengan Slow Cooker via duniamasak.com

Alat memasak yang praktis dan sering digunakan biasanya adalah panci presto dan juga slow cooker. Seperti yang kita ketahui, keduanya sangat cocok diandalkan untuk memasak bahan-bahan masakan yang keras, misalnya saja daging. Penggunaan kedua alat masak ini memang bertujuan agar bahan masakan yang dilah menjadi empuk dan juga lembut. Walaupun tujuannya sama, namun cara kerja dari kedua alat ini berbeda loh sahabat Duma! Yuk kita cari tahu perbedaan panci presto dengan slow cooker?

Panci Presto Dengan Slow Cooker, Alat Masak Praktis

Perbedaan Panci Presto Dengan Slow Cooker Panci Presto via Duniamasak.com
Panci Presto via Duniamasak.com

Sahabat Duma pasti memiliki salah satu dari kedua alat masak ini. Bahkan mungkin ada yang memiliki kedua alat masak ini, namun bagi sahabat Duma yang sedang mencari pilihan dari keduanya maka dapat mengunjungi website Duniamasak.com untuk mendapatkan penawaran terbaik! Sebelum memutuskan untuk membeli alat masak ini ada baiknya kita cari tahu dahulu perbedaan panci presto dengan slow cooker disini:

Presto

Cara kerja panci presto memanfaatkan panas dan tekanan uap untuk mempercepat dalam proses memasak makanan sehingga menjadi lebih cepat. Terdapat dua tipe presto yang beredar, yaitu panci presto listrik dan panci presto yang dimasak menggunakan kompor. Cara menggunakan panci presto cukup dengan memasukkan bahan makanan dan cairan kedalamnya. Kemudian panci presto ditutup hingga rapat dan ketika mendidih akan terbentuk uap dan juga tekanan dalam panci. Tekanan uap yang terdapat dalam panci ini meningkatkan titik didih cairan hingga 130 derajat celcius sehingga proses memasak menjadi lebih cepat. Tekanan yang tinggi dalam panci juga membuat makanan lebih lembut dan melunak karena tekanan memaksa cairan masuk kedalam makanan.

Baca lainnya  Pengaruh Kopi Bagi Kesuburan Pasutri, Penting untuk Dibaca!

Slow Cooker

Digital Slow Cooker SIGNORA 5,5Lt di jual di Duniamasak.com Perbedaan Panci Presto Dengan Slow Cooker Panci Presto
Digital Slow Cooker SIGNORA 5,5Lt di Duniamasak.com

Dari namanya saja kita sudah dapat membayangkan bahwa slow cooker menggunakan teknik masak slow cook atau suhu panas rendah dalam proses memasak dan membutuhkan waktu yang lama. Dalam memasak makanan yang lama biasanya dibutuhkan waktu sekitar 4 sampai 10 jam dengan suhu rendah menggunakan panas lembab. Cara memasak dengan menggunakan alat ini adalah dengan meletakkan makanan kemudian ditutup dan kita atur ke pengaturan panas rendah. Biasanya makanan yang sering dimasak menggunakan slow cooker adalah ikan, daging, sup, roti, sayur dan juga hidangan penutup.

Saat ini banyak kita temui bentuk dari slow cooker yang menyerupai rice cooker. Slow cooker juga membuat kita lebih hemat gas karena menggunakan listrik. Alat ini juga sangat praktis dengan pengaturan memasak yang dapat kita sesuaikan.

Baca lainnya  Cobain Aneka Olahan Roti Tawar Ini Agar Tidak Cepat Bosan

Panci Presto Dengan Slow Cooker, Bagus Mana?

Jawaban dari pertanyaan tersebut sebetulnya tergantung dari kebutuhan sahabat Duma. Perbedaan yang paling mencolok dari keduanya adalah kecepatan waktu yang dibutuhkan dalam memasak makanan. Proses memasak yang cepat dan singkat dari panci presto membuat kandungan yang ada pada makanan seperti vitamin dan mineral terjaga dengan baik, mengutip dari compact appliance. Panci presto cocok digunakan untuk makanan yang awet seperti saus, biji-bijian dalam kaleng dan juga selai. Sedangkan slow cooker cocok untuk makanan yang dimasak dengan cairan yang kental seperti kuah sop. Tidak hanya itu slow cooker juga dapat digunakan untuk membuat roti maupun kue. Slow cooker tetap menjaga tekstur kue agar tetap lembut dan juga kenyal karena kelembabannya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!