4 Jenis Roti Yang Paling Disukai Masyarakat Indonesia

Jenis Roti Favorit via pexels.com

Sahabat duma, roti merupakan salah satu jenis bakery favorit masyarakat Indonesia yang biasa disantap saat sarapan. Selain menjadi salah satu menu sarapan, roti menjadi salah satu menu wajib untuk menahan dan mengobati lapar. Yap, pasti di antara kamu sering membawa bekal roti jika bepergian. Salah satu jenis roti yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah roti tawar. Selain bisa di jadikan salah satu bahan masakan, roti tawar juga sangat mudah di temui di swalayan ataupun pasar tradisional.

Jenis Roti Lain Sebagai Alternatif Roti Tawar

Namun, Ternyata tidak hanya roti tawar yang menjadi favorit masyarakat Indonesia lho! Jenis roti apa aja sih yang menjadi favorit masyarakat Indonesia? Yuk simak penjelasan DuniaMasak berikut!

Roti Gandum

Roti Gandum via lifestyle.kompas.com

Roti Gandum via lifestyle.kompas.com

Roti ini cenderung memiliki tekstur yang lebih kasar. Roti gandum ini berwarna kecoklatan. Namun terkadang, dalam proses pembuatan, adonannya dicampur dengan tepung terigu putih dan dedak gandum. Fungsinya untuk memberikan tekstur yang sedikit lebih lembut. Nah, sesuai dengan namanya nih, roti ini berbahan dasar tepung biji gandum. Roti gandum mulai digemari karena kandungan gizinya yang lebih sehat dan rendah gula. Roti ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga lebih baik untuk pencernaan kita. Cara memakannya pun  hampir sama dengan roti tawar, pada umumnya mengonsumsi roti gandum dengan olesan selai manis seperti cokelat, keju, atau pun buah-buahan.

Baca lainnya  Kenali Wajan dan Penggorengan Serta Kegunaannya Berikut Ini

Roti gandum ini termasuk golongan roti yang sehat. Roti ini juga memiliki serat yang tinggi, vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari tepung terigu, dan juga mengandung yodium serta asam folat. Sehingga sangat baik untuk kesehatan kita.

Baguette / French Bread

Baguette via www.bakewithzing.com

Baguette via www.bakewithzing.com

Roti ini lebih dikenal dengan roti khas Perancis. Di Indonesia, roti ini sudah banyak ditemui, dan tentunya roti ini juga sudah mulai diminati dan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Meskipun tekstur roti ini lebih keras dengan bentuk yang panjang, baguette tetap digemari karena fungsinya yang lain. Ya, Baguette memang tidak untuk dimakan begitu saja, Baguette lebih sering dihidangkan sebagai side dish sup. Kebanyakan sup yang menggunakan krim biasanya menggunakan side dish dua potong Baguette.

Croissant

Croissant via www.bbc.co.uk

Croissant via www.bbc.co.uk

Roti yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Yap, roti ini juga menjadi salah satu roti favorit masyarakat Indonesia. Secara tekstur, croissant memang terlihat seperti bagian dari pastry. Croissant sejatinya masih dapat dikategorikan sebagai roti, hanya memang teksturnya dibuat dengan adonan yang berlapis. Roti asal Perancis ini juga biasa dimakan saat sarapan. Di Indonesia sendiri, sudah banyak memproduksi jenis roti ini dengan varian croissant yang disesuaikan dengan citarasa lokal seperti Croissant dengan cokelat, topping buah, atau keju.

Baca lainnya  Tahukah Kamu Bahan-bahan Berikut Bisa Dijadikan Masker Organik

Roti Manis

Roti Manis via www.tokomesin.com

Roti Manis via www.tokomesin.com

Nah roti yang satu ini sudah pasti menjadi favorit masyarakat Indonesia. Roti manis adalah jenis roti yang mempunyai cita rasa manis yang menonjol serta bertekstur empuk dan lebih lembut dengan atau tanpa isian. Roti manis ini di lihat dari adonannya termasuk dalam kategori adonan dengan kadar gula dan margarin lebih dari 10%. Roti ini banyak di jual dan sudah menjadi favorit sejak dulu, apalagi isi roti manis kacang hijau, sudah pasti menjadi favorit deh.

Berbagai jenis roti di atas merupakan roti favorit masyarakat Indonesia dilihat dari segi pembelian paling banyak dan produksi roti paling banyak. Nah, favoritmu yang mana sahabat duma?

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!