Tips Mengolah Makanan Beku yang Benar, Begini Caranya!

Makanan beku biasanya seringkali dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jika proses mencairkannya tidak benar, rasa makanan bisa saja berubah, serta tak menutup kemungkinan juga bahwa cara mencairkan makanan tersebut salah dapat membuat makanan olahan terpapar bakteri jahat yang dapat membahayakan kesehatan tubuh lho!

Jangan Lakukan Hal ini untuk Mencairkan Makanan Beku

Makanan beku via distributornuggetmurah.blogspot.co.id

Makanan beku via distributornuggetmurah.blogspot.co.id

Jangan ditinggal di suhu ruangan

Mendiamkan makanan beku di suhu ruang selama berjam-jam merupakan cara mencairkan makanan beku yang paling sering dilakukan. Sebenarnya cara tersebut salah lho! Ketika makanan yang tadinya beku telah melunak dan mencapai suhu yang lebih hangat dari 4,4 derajat Celcius, bakteri yang mungkin ada sebelum pembekuan akan bertambah banyak.

Semakin lama makanan tersebut terpapar suhu lingkungan, bakteri akan berkembang biak dengan cepat. Pada intinya, frozen food tidak boleh ditinggalkan pada suhu ruangan selama lebih dari dua jam. Lalu gimana sih cara yang benar?

Daging: pindahkan dari freezer ke rak kulkas

Mencairkan daging beku memang membutuhkan waktu lama, bahkan bisa semalaman suntuk. Oleh karena itu, kamu harus mulai mencairkannya dulu sebelum mulai memasaknya. Pindahkan daging beku yang kamu simpan di freezer ke rak kulkas khusus (jangan satukan dengan rak buah dan sayuran, ya!) Makanan yang dicairkan dengan metode ini, seperti daging utuh, daging giling, ayam, dan makanan laut harus dimasak paling lambat satu atau dua hari setelah dicairkan.

Baca lainnya  Resep Sup Rumput Laut ala Korea, Hidangan Spesial Hari Ulang Tahun

Makanan kemasan: rendam di air dingin

Makanan kemasan yang membeku, misalnya chicken nugget, sosis, sayuran dan buah beku, dapat dicairkan menggunakan air dingin. Caranya, bungkus makanan beku dalam plastik rapat atau masih tersegel utuh dalam kemasan, kemudian rendam dalam mangkuk atau panci berisi air dingin hingga benar-benar terendam sepenuhnya. Ganti air rendaman setiap 30 menit hingga makanan benar-benar mencair dan siap untuk diolah ya sahabat duma!

Oiya, banyak pertanyaan yang sering kali muncul seperti bolehkan menghangatkan makanan beku menggunakan microwave? Mencairkan makanan dengan microwave memang cepat, namun hasil pencairannya kurang merata. Sama halnya dengan mencairkan makanan beku di suhu ruangan, hasil pencairan dari microwave yang tidak merata ini berpotensi memicu pertumbuhan bakteri pada makanan tersebut.

Baca lainnya  Melelehkan Coklat Agar Tidak Gosong, Begini Caranya!

 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan