Beragam Cita Rasa Masakan Peranakan Di Rantang Malaka

Restoran Rantang Malaka dok. Duniamasak

Dua tahun lalu, tim DuniaMasak telah mengunjungi salah satu restoran yang menyajikan masakan peranakan, kini tim Duma kembali mendapati restoran yang berbeda untuk dicicipi masakan peranakannya. Sebelum kita mulai, tahukah kalian apa yang dimaksud dengan masakan peranakan? Masakan peranakan adalah makanan yang menggabungkan adat masakan Tionghoa, Melayu, India, Jawa, dan lainnya menjadi satu perpaduan yang unik. Umumnya, orang yang terbiasa memasak makanan peranakan adalah keturunan asal Tiongkok yang awalnya menetap di Penang, Malaka, Indonesia, dan Singapura. Yuk, intip tim DuniaMasak mencicipi makanan di restoran Rantang Malaka .

Rantang Malaka

Restoran Rantang Malaka dok. Duniamasak
Makanan dan minuman di restoran Rantang Malaka dok. Duniamasak

Dari namanya saja sudah peranakan banget ya. Rantang Malaka mempunyai konsep peranakan comfort food dimana restoran tersebut menyajikan masakan yang identik dengan makanan rumahan dan suasana kekeluargaan. Pada mulanya, Rantang Malaka berlokasi di Kemang dan lebih berkonsep take away, kemudian baru dua bulan ini pindah ke Thamrin, Menteng serta merubah konsep menjadi restoran dine-in dan take away. Untuk penyajian makanan dine-in, resto ini memakai mangkuk enamel yang akan memberikan suasana homey. Sedangkan untuk penyajian makanan take away, Rantang Malaka menggunakan kotak yang sudah didesain secara apik serta diberi tag berisi daftar menu sebagai penanda makanan yang kita pesan. Dalam setiap nasi kotak yang dipesan, sudah termasuk telur mata sapi yang menambah kesan nyonya cuisine.

Malaka Crispy Chicken

Malaka Crispy Restoran Rantang Malaka dok. Duniamasak
Malaka Crispy Chicken dok. Duniamasak

Menu pertama yang Duma coba adalah Malaka Crispy Chicken. Menggunakan garlic butter rice dan isian potongan ayam yang telah dibumbui rempah khas Malaka serta tak lupa juga ditambahkan sambal matah, menjadikan makanan ini cukup lezat dan mengenyangkan untuk menu makan siang.

Baca lainnya  Perbedaan Timun Jepang dan Timun Zucchini, Simak Penjelasannya!

Singapore Chili Prawn

Singapore Chili Prawn Restoran Rantang Malaka dok. Duniamasak
Singapore Chili Prawn dok. Duniamasak

Best seller detected! Disajikan dalam mangkuk berisi nasi putih hangat dan pulen lalu diberi isian udang segar dan garing kemudian dibalut dengan saus khas Singapore, menjadikan menu ini mempunyai rasa gurih dan sedikit pedas dalam satu waktu. Bagi para pecinta masakan peranakan, wajib sekali untuk mencoba Singapore Chili Prawn dari Rantang Malaka.

Butter Cereal Dory

Butter Cereal Dory Restoran Rantang Malaka dok. Duniamasak
Butter Cereal Dory dok. Duniamasak

Tim DuniaMasak sangat tertarik dengan menu yang satu ini. Dengan penyajian menggunakan nasi jeruk dan ikan dori yang telah dipotong kecil-kecil seperti popcorn serta ditaburkan bubuk sereal yang rasanya manis, sangat memanjakan mulut dengan sensasi rasa unik. Cara memasak nasi jeruk dalam Butter Cereal Dory ini memakai daun jeruk yang menciptakan aroma harum dan warna kuning kehijauan.

Salted Egg Mushrooms

Salted Egg Mushrooms Restoran Rantang Malaka dok. Duniamasak
Salted Egg Mushrooms dok. Duniamasak

Menu ini merupakan makanan pendamping yang bisa kalian santap untuk menemani menu rice box yang sudah kalian pesan. Salted Egg Mushrooms bisa menjadi pilihan terbaik karena rasa dari saus telur asin yang tidak terlalu dominan namun lezat dan garingnya jamur goreng akan menambah selera makan.

Durian Pancake

Durian Pancake Restoran Rantang Malaka dok. Duniamasak
Durian Pancake dok. Duniamasak

Nah, ini makanan penutup yang ditunggu-tunggu! Dalam satu hidangan akan disajikan dua buah Durian Pancake dan jujur kalau Duma makan sendiri bisa abis loh, terlalu nikmat untuk dibagi-bagi. Dan ternyata ini juga menjadi dessert favorit pengunjung karena adonan kulit pancake yang tipis seperti crepes yang sangat lembut di mulut. Oh iya, Durian Pancake ini berisi durian asli ya apalagi ditambah dengan saus durian yang menjadi pelengkap rasa creamy.

Banana Fritters

Banana Fritters dok. Duniamasak
Banana Fritters dok. Duniamasak

Kelihatan seperti nugget ya? Ya, betul. Rantang Malaka berhasil membuat Banana Fritters menjadi makanan penutup yang naik level karena diolah seperti banana nugget lalu dibentuk bulat kemudian di beri filling cokelat leleh. Ketika dipotong, hati Duma juga ikutan meleleh karena merasakan lidah ini bersentuhan dengan rasa manis dari pisang, cokelat lumer, cokelat meses, serta keju yang melimpah banget.

Baca lainnya  Sasaya Japanese BBQ: Nikmati Sensasi Olahan Daging Ala Jepang

Minuman Andalan

Terdapat 3 menu minuman yang paling banyak di pesan para pengunjung Rantang Malaka yaitu Es Teh Susu Malaka, Es Teh Pandan, dan Kopyor Milkshake. Untuk varian teh, mereka menggunakan earl grey tea sehingga menghasilkan minuman yang lebih wangi dan pekat. Untuk Kopyor Milkshake terbuat dari campuran susu dan sirup coco pandan lalu diberi nata de coco yang pasti akan disukai oleh semua kalangan karena manisnya pas!

Minuman dok. Duniamasak
Minuman andalan dok. Duniamasak

Untuk suasana restoran, Duma sendiri pun betah dan nyaman karena beneran homey banget terutama free Wi-Fi! Kebanyakan yang berkunjung adalah orang kantoran untuk sekedar menyantap makan siang atau mampir membeli minuman khas Rantang Malaka. Sekedar informasi, resto ini juga dapat mendukung acara-acara besar dengan sajian rice box minimum pesanan 30 kotak dan akan mendapat harga spesial. Bagi para pemburu promo, bisa cari diskonan di Go-Food dan Grab-Food ya dan jangan lupa kalau kalian ingin makan banyak, menunya bisa di upsize loh! Buruan cobain!!

Informasi Rantang Malaka

Jam Buka: 10.00 – 21.00
Telepon: 081292200039
Instagram: @rantangmalaka
Alamat: Jl. H. Agus Salim No.60. RT.8/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!