Cara Memulai Bisnis Katering dengan Modal Minim

Yuk mulai bisnis katering via freepik.com

Sahabat duma, kamu ingin memulai bisnis kuliner tapi bingung persoalan modal dan takut gagal? Kamu bisa memulai bisnis katering. Kamu nggak perlu pusing menyewa tempat/gerai. Kamu bisa memulainya di rumah. Modal yang minim bagaimana bisa? Jika tujuan seseorang memulai  usaha adalah untuk mencari uang, maka sebetulnya ada banyak jalan yang bisa ditempuh salah satunya dengan membuka bisnis katering. Jangan ragu, bisnis katering ini akan menghasilkan keuntungan yang tak terduga lho!

Bisnis Katering via www.maxmanroe.com

Bisnis Katering via www.maxmanroe.com

Berbinis katering juga mengajarkan untuk melatih pola pikir kita menjadi produktif dan kreatif, karena semakin kita menginginkan sesuatu pastinya kita akan giat untuk mendapatkan kepuasan yang kita inginkan.

Terlebih lagi dengan membuka usaha sendiri maka kamu dapat mempunyai kebebasan, sebab kamu tidak terikat kontrak dengan siapapun atas bisnismu. Selain itu, kamu juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, secara tidak langsung dapat mengurangi jumlah pengangguran juga lho. Selanjutnya adalah meningkatkan status sosial ekonomi, pandangan orang terhadapmu, yang semula hanyalah seorang pekerja kini perlahan-lahan mulai berubah. Orang-orang akan memandangmu sebagai seorang pimpinan di sebuah perusahaan meskipun itu hanya bisnis sendiri. Secara otomatis ini akan meningkatkan status sosialmu di masyarakat.

Baca lainnya  Yuk Intip Perayaan Tahun Baru di Jepang

Menentukan Jenis Usaha Katering

Bisnis Katering Rumahan
Jenis katering ini biasanya meliputi cangkupan pesanan sampai dengan 100 orang. Meliputi rantangan untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan/pengajian, pesanan nasi boks untuk 20-100 porsi, dan pesanan nasi tumpeng. Biasanya katering jenis ini meliputi kebutuhan untuk acara tertentu.

Bisnis Katering Makanan Anak
Katering ini biasanya meliputi kebutuhan makan pagi / siang untuk anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang atau tromol makan khusus anak-anak. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan katering makanan sehat dan katering makanan bayi juga lho. Menu bisa disesuaikan dengan konsumen ataupun rekomendasi dari kamu sendiri selaku pengusaha katering.

Bisnis Katering Kantoran
Rantangan karyawan kantor, nasi boks atau prasmanan untuk perayaan/syukuran di kantor. Ataupun kamu juga bisa menerima pesan antar untuk perminggu/ bulan makan siang konsumen di kantor.

Menyiapkan Modal yang Dibutuhkan

Modal yang kamu butuhkan antara lain:

  1. Modal pertama yang kamu butuhkan tentunya adalah peralatan memasak. Jika kamu memasak 100 porsi misalnya, bisa dikerjakan dengan peralatan memasak yang ada di dapurmu. Sehingga tidak perlu terburu-buru menanam modal hanya untuk membeli peralatan baru.
  2. Ruangan/dapur untuk katering rumahan, ruangan khusus tidak perlu disiapkan. Namun sebaiknya tata dapurmu sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan dan tambahkan rak-rak khusus untuk tempat perlengkapan memasakmu ya!
  3. Modal selanjutnya  yang kamu perlukan untuk berbelanja bahan makanan. Estimasi biaya yang diperlukan sekitar 500.000 – 2.000.000 rupiah. Tergantung banyaknya pesanan yang akan kamu kerjakan. Cobalah dengan skala kecil hingga besar.
Baca lainnya  Mengenal Produk Wise untuk Hotel, Restoran, dan Kafe

Promosikan Bisnis Katering-mu

Kamu harus mempromosikan usaha kateringmu secara terus-menerus. Kamu bisa mempromosikan dengan keluarga terdekat, tetangga, dan juga media sosial. Dijamin, usaha kateringmu akan terus meningkat.

Sahabat duma, membuka usaha ataupun bisnis akan berjalan dengan baik jika kamu ingin terus berusaha dan mampu mengatur usahamu dengan baik. Semoga tips dari DuniaMasak di atas menginspirasi ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!