Berbagai Macam Teknik & Cara Pengolahan Kue Ala Tim Duma

Cara pengolahan kue ala duniamasak via pexels.com

Hai sahabat duma, bagi kamu yang baru saja memulai karir sebagai pebisnis kue maupun yang ingin belajar membuat kue untuk keluarga, tim duma akan membagikan cara pengolahan kue yang gampang banget untuk  kamu pelajari nih. Semoga berguna ya!

Cara Pengolahan Kue

cara pengolahan kue via pexels.com

cara pengolahan kue via pexels.com

Teknik Baking Klasik

Metode Kriming (Creaming Method)

Sahabat duma, teknik ini biasanya sering digunakan di berbagai resep yang banyak menggunakan krim dan gula. Resep yang menggunakan teknik ini biasanya akan menyarankan untuk mencampurkan gula dan margarine terlebih dahulu hingga membentuk krim, baru menambahkan telur satu persatu, hingga tepung yang terakhir.

Teknik ini dinilai cukup penting karena dengan mencampurkan margarine dengan gula tidak hanya membantu gula untuk larut ke dalam adonan tapi juga menyebarkannya merata ke seluruh adonan. Teknik ini juga memberikan ruang udara ke adonan sehingga memberikan tekstur yang lebih ringan ke kue.

Baca lainnya  Ingin Membeli Mesin Kopi? Nih Berikut Tips Memilihnya!

Hot Milk Method

Cara pengolahan kue selanjutnya ini biasanya digunakan oleh resep-resep yang meminta agar margarine dan bahan cair seperti susu direbus secara bersamaan. Contoh resep yang biasanya memerlukan teknik ini seperti cupcakes atau hot milk pudding. 

Rub In Method

Metode ini biasanya digunakan pada pembuatan roti atau pastry. Teknik ini bekerja ketika lemak (bisa margarine atau mentega) dicampur dengan tepung kemudian diuleni dengan tangan. Biasanya setelah sekian lama diuleni, adonan akan bertekstur menjadi remahan (breadcrumb).

Teknik Baking Umum

Sieve (Ayakan)

Biasanya akan meminta kita untuk mengayak bahan-bahan kering seperti tepung. Alasan yang utama adalah karena ingin menambahkan lebih banyak ruang udara ke adonan. Tepung yang diayak biasanya akan menghasilkan volume yang lebih besar daripada tepung yang tidak diayak.

Baca lainnya  Dekorasi Khas Imlek: Hiasi Dapurmu, Berikut Tips dan Triknya!

Salah satu tips penting jika ingin mengayak tepung, pastikan ayakan benar-benar kering, tidak ada kandungan cairan sedikitpun. Jika ada air dalam ayakan, bisa dipastikan tepung akan menggumpal sehingga lebih sulit disaring.

Fold

Kini kue tidak hanya sekedar berbentuk bulatan dan dihiasi oleh krim. Berbagai macam kue kue memerlukan teknik lebih detail lagi dalam pembuatannya. Salah satunya teknik folding ini. Folding merupakan teknik yang digunakan untuk mencampurkan adonan tanpa harus diuleni atau diayak.

Folding digunakan untuk menjaga tekstur dari campuran adonan. Teknik ini biasanya digunakan untuk mencampur satu atau beberapa bahan yang sudah dilarutkan sebelumnya seperti putih telur (meringue) atau krim kocok (whippedcream). Nah, teknik folding biasanya dilakukan dengan spatula karet untuk kombinasi antara bahan kering dan cair. Sedangkan whisker biasanya digunakan untuk mengaduk krim kocok dan putih telur agar menjadi lebih lembut.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!