Manfaat Kacang Polong Yang Banyak Tidak Diketahui, Kamu Harus Baca!

Manfaat Kacang Polong via pexels.com

Kacang polong sering menjadi cemilan sehat ataupun bahan pelengkap untuk masakan. Namun tahukah anda, ternyata banyak sekali manfaat kacang polong. Beberapa dari kita sering kali tidak tahu manfaat terbesar yang ada di dalam kacang polong. Nih dijamin deh setelah kamu membaca artikel ini, kamu akan rutin mengonsumsi kacang polong. Simak yuk penjelasan DuniaMasak berikut.

Manfaat Kacang Polong

Kacang Polong via tentangkacang.blogspot.co.id

Kacang Polong via tentangkacang.blogspot.co.id

Kacang polong adalah jenis kacang berkulit lunak (peas). Kacang polong merupakan isian dari ercis. Kacang polong berbentuk bulat, berkerut, dan berwarna hijau. Kacang polong bertekstur tidak terlampau keras sehingga sering digunakan dalam masakan. Kacang polong banyak digunakan untuk masakan Eropa dan menjadi salah satu sumber makanan di negara barat. Nah Kacang polong ini ternyata merupakan sayuran yang tahan lama dan realtif instan lho!

Sayuran yang relatif instan ini, banyak dijual dalam keadaan mentah segar, baik kupasan atau masih berkulit, dan mentah beku. Tidak hanya itu, kacang polong juga dijual dalam keadaan matang sebagai kudapan. Oiya, ternyata manfaat kacang polong juga sangat baik terutama untuk anak-anak sebagai penunjang perkembangan dan pertumbuhan.

Beberapa manfaat lain yang banyak tidak diketahui diantaranya adalah:

1. Dapat Membantu Meningkatkan Masa Otot

Kandungan protein nabati kacang polong terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis sayur-sayuran lainnya. Pada100 gram kacang polong terkandung 8 gram protein nabati dan hampir setara dengan 28 gram daging sapi dengan kandungan protein 9 gram. Hm, lebih menguntungkan membeli kacang polong lho sahabat duma! Kandungan yang cukup tinggi ini dapat memenuhi kebutuhan protein kita sehari-hari. Dengan menambahkan kacang polong dalam menu, sangat membantu menaikkan masa otot.

2. Dapat Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan omega 3 pada kacang-kacangan termasuk kacang polong mampu menurunkan kolesterol atau lemak jahat. Omega 3 adalah lemak tak jenuh atau lemak baik yang berperan dalam menetralisir kelebihan lemak jenuh akibat kolesterol.

3. Melindungi Mata

Karotenoid atau istilah lain dari betakaroten adalah zat alami yang terkandung dalam sayur atau buah-buahan yang memiliki warna merah, orange, atau kuning, juga termasuk hijau. Fungsi dari betakaroten ialah mengkonversi zat warna pada tanaman, sayuran, buah menjadi vitamin A sertamenjadi sumber utama vitamin A . Selain untuk mempertahankan kesehatan mata juga bermanfaat sebagai zat antioksidan yang bisa memberikan pertahanan tubuh menjadi lebih optimal.

4. Dapat Meregenarasi Kerusakan Sel Tubuh

Manfaat vitamin C adalah salah satu vitamin yang gampang hilang dikarenakan aktivitas fisik. Namun vitamin C juga adalah zat antioksidan yang berfungsi meregenarasi sel-sel tubuh kita yang rusak. Dengan manfaatnya dalam hal meregenarasi, maka vitamin C akan begitu berguna untuk kecantikan, semisal memperbaiki kondisi rambut rusak (bercabang, kering) sebab kekurangan vitamin C memperbaiki kondisi kulit kusam sebab vitamin C bisa memproduksi kolagen yang berkhasiat untuk kulit kencang serta cerah. Nah, beberapa seluruh manfaat dari vitamin C bisa kamu dapatkan pada kacang polong.

5. Dapat Menurunkan Gula Darah

Kacang polong adalah makanan yang kaya akan serat serta protein. Kadar serat serta protein yang tinggi di dalam kacang polong inilah, maka pekerjaan ginjal dalam mengendalikan kadar gula dalam darah akan terbantu. Diet tinggi protein juga sangat terkenal sebagai terapi alami buat menurunkan gula darah lho!

6. Dapat Mencegah Osteoporosis

Folat yang banyak terkandung dalam sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta buah-buahan termasuk juga pada kacang polong dapat membantu perkembangan sel-sel. Selain baik untuk perkembangan bayi, juga bermanfaat untuk orang dewasa hingga manula. Hal ini terkait osteoporosis yang rentan terjadi pada orang dewasaa menjelang tua. Folat membantu tubuh agar homosistesin dirubah menjadi metionin. Homosistesian ialah faktor akibat risiko seseorang terkena osteoporosis. Apabila tubuh kekurangan folat, maka kadar homosistesin dalam darah akan naik serta mengakibatkan osteoporosis.

7. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Omega 3 adalah lemak tak jenuh yang berperan melawan lemak jahat atau kolesterol akibat penyakit-penyakit semisal jantung. Selain omega 3 terdapat pula kandungan zat lainnya yang sangat berguna untuk kesehatan jantung semisal fitonutrien, flavanol, dan sapion. Flavanol bermanfaat sebagai zat anti pembekuan darah, akibat resiko penyakit jantung. Kandungan omega 3 tersebut terdapat di dalam kacang polong yang tentunya berguna untuk mencegah penyakit jantungmu.

Sahabat duma, beberapa manfaat kacang polong tersebut banyak yang tidak diketahui oleh kita, kacang polong dapat dijadikan sebagai alternatif pencegahan penyakit kronis, mulailah mengonsumsi kacang polong dalam keseharianmu ya! Semoga bermanfaat!

Baca lainnya  Icha Irawan "Berawal dari Rasa Rindu"
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

2 thoughts on “Manfaat Kacang Polong Yang Banyak Tidak Diketahui, Kamu Harus Baca!”

  1. Pingback: 6 Jenis Makanan Bergizi yang Menunjang Kulitmu Agar Tampak Cerah
  2. Trackback: 6 Jenis Makanan Bergizi yang Menunjang Kulitmu Agar Tampak Cerah
  3. Pingback: Berikut Makanan Penangkal Rasa Sakit Mensturasi: Simak Penjelasannya!
  4. Trackback: Berikut Makanan Penangkal Rasa Sakit Mensturasi: Simak Penjelasannya!

Yuk bahas artikel ini!