Ternyata Begini Cara Menggunakan Pisau yang Benar!

Menggunakan pisau untuk kebutuhan dapur ternyata memiliki beberapa teknik lho sahabat duma! Serta banyak juga kesalahan-kesalahan kecil yang tanpa kita sadari memberikan dampak yang negatif dan bisa membahayakan kita. Nah, untuk itu, tim DuniaMasak akan memberikan penjelasan lengkapnya di bawah ini. Semoga bermanfaat!

Teknik & Kesalahan dalam Menggunakan Pisau Dapur

menggunakan pisau zebra chopper via DuniaMasak.com

Pisau zebra chopper via DuniaMasak.com

1. Bersihkan Pisau

Membersihkan pisau dapur setiap kali setelah digunakan adalah hal yang harus kamu lakukan. Hal ini berguna agar dapat membunuh bakteri berbahaya yang dapat menkontaminasi makanan. Gunakan air panas dan sabun cuci piring untuk membersihkan pisau, pastikan sisi tajam menghadap menjauh dari anggota tubuh. Setelah dicuci, keringkan dengan tissue serta hindari memakai lap kain karena meninggalkan bakteri lho!

2. Asah Mata Pisau

Selanjutnya adalah asah pisau dapurmu. Pastikan mata pisau dapurmu selalu tajam. Sebelum mengasah pisau, pastikan membasahi terlebih dahulu batu asahan dengan minyak atau air, hal ini untuk mengurangi gesekan yang bisa menyebabkan mata pisau rusak. Oiya, untuk menguji apakah pisau sudah tajam atau belum, cobalah untuk memotong buah-buahan atau mengiris sayuran

3. Mencincang (Chopping)

Mencincang adalah keterampilan dasar dan mudah dilakukan. Cara memegang pisau yang benar ketika mencingcang adalah letakan jari tengah, jari manis dan kelingking di pegangan pisau. Memegang bahan makanan yang akan di cincang juga sama pentingnya agar jarimu tidak teriris. Pegang bahan dengan seluruh jarimu, lalu tekukan sedikit sehingga bahan makanan terkunci dan siap dicincang. Gerakan jari kebelakang sedikit demi sedikit ketika bahan makanan mulai dicincang.

Baca lainnya  4 Efek Samping Minum Air Putih Berlebihan, Berikut Penjelasannya!

4. Memotong Dadu (Dicing)

Istilah ini adalah memotong bahan makanan seperti bentuk dadu, teknik ini dilakukan agar bentuk bahan makanan terlihat cantik dan proporsional. Cara melakukannya adalah potong makanan menjadi beberapa potong berbentuk persegi panjang, kemudian letakkan berdampingan dan potong berbentuk dadu dengan ukuran sesuai selera.

Setelah kamu membaca trik menggunakan pisau di atas, berikut simak kesalahan yang dilakukan saat menggunakan pisau dapur:

  • Tidak memperhatikan ketajaman
Ketajaman pisau merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Pisau yang mulai kehilangan ketajaman, akan membuat proses memotong bahan makanan menjadi lebih sulit dengan bentuk yang tidak beraturan.
  • Memotong dengan cara yang salah
Kita memang bisa memotong bahan makanan sesuai selera kita. Namun, memotong bahan makanan dengan cara yang benar bukan hanya dapat menjaga bentuk, tapi juga dapat menjaga tekstur dan cita rasa makanan.

 

  • Memegang pisau dengan cara yang salah
Baca lainnya  Cake Showcase yang Tepat untuk Mempercantik Toko Kuemu

Memegang gagang pisau haruslah benar agar tidak terjadi kecelakaan yang dapat melukai diri sendiri, seperti jari yang teriris. Memegang dengan cara yang salah juga akan menyulitkan proses memotong bahan makanan.

Demi memiliki kualitas pisau yang terbaik, kamu bisa memebeli pisau dengan penawaran harga terbaik di DuniaMasak. 
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!