Menjelang Lebaran, Yuk Mendekorasi Rumah Agar Tampak Lebih Nyaman

Tips dekor rumah lebaran via freepik ala duniamasak

Tak terasa sudah pertengahan bulan dan sebentar lagi akan menyambut hari kemenangan. Umumnya, sebelum merayakan hari raya Idul Fitri, terdapat tradisi yang selalu dilaksanakan yaitu merapikan dan membersihkan rumah. Sudahkah sahabat Duma mempersiapkan yang terbaik? Jika belum, yuk ikuti tips mendekorasi rumah menjelang lebaran berikut ini:

Tips Mendekorasi Rumah Menjelang Lebaran

Halaman depan rumah yang bersih akan membuat kesan pertama yang baik

Tips dekor rumah lebaran teras rumah via freepik ala duniamasak
Teras rumah via freepik

Umumnya, pagar dan halaman depan akan menjadi tempat pertama yang akan dilihat oleh para tamu. Hal ini akan menjadi first impression mengenai acara lebaran yang akan diadakan oleh tuan rumah. Maka dari itu, tuan rumah bisa mulai membersihkan halaman depan rumah dengan menyapu dan menata kembali isi halaman dengan tanaman kebun yang baru sehingga akan tampak lebih segar dan tak lupa sirami secara berkala dengan air bersih agar tumbuh sempurna. Dari aspek tanaman, bisa juga melakukan perawatan dengan mencabut rumput-rumput liar yang sudah mulai tumbuh dan membersihkan lumut di sekitaran dinding pagar. Jika ingin membuat suasana baru dalam pemandangan halaman rumah, mungkin bisa kembali mengecat dinding dengan warna yang cerah dan jangan lupa untuk memeriksa lampu taman apakah masih berfungsi dengan baik sehingga acara bisa tetap berjalan lancar hingga malam hari.

Baca lainnya  Menelusuri Garden Restaurant Di Jakarta

Ruang tamu yang nyaman untuk menyambut tamu

Tips dekor rumah lebaran ruang tamu via pixabay ala duniamasak
Ruang tamu via pixabay

Ruangan yang paling penting untuk menyambut tamu tentunya adalah ruang tamu. Ruangan ini adalah tempat untuk tamu bersinggah, duduk, dan bercengkrama dengan tuan rumah. Untuk mendekorasinya, mulailah bersihkan debu di meja dan jendela bahkan lemari yang berada di ruang tamu. Perhatikan juga noda yang ada di sofa ruang tamu yang biasanya dipakai untuk area bermain anak agar tidak ada kotoran sedikitpun saat tamu datang berkunjung. Jika acara lebaran dilakukan bersama keluarga besar, biasanya perlu mengosongkan ruang tamu agar memenuhi kapasitas jumlah tamu. Bayangkan terlebih dahulu berapa jumlah tamu yang datang agar bisa mengatur posisi furnitur sebelum dipindahkan sesuai dengan kebutuhan acara. Jangan lupa untuk menambahkan hiasan seperti bunga segar dan pernak pernik lebaran yang bisa diletakkan di area ruang tamu sehingga menambah kesan meriah.

Dapur atau ruang makan sebagai pusat acara ramah tamah

Ruang makan via freepik ala duniamasak
Ruang makan via freepik

Selain ruang tamu, ruangan ini juga akan menjadi pusat utama dalam kegiatan acara lebaran yaitu dapur atau ruang makan. Mempersiapkan makanan dan menyantap hidangan bisa dilakukan sekaligus di dapur atau ruang makan. Pastinya, area ini yang akan paling sering terkena noda dan kotor sehingga perlu dibersihkan dan merapikan secara berkala saat keluarga datang. Siapkan lap khusus untuk membersihkan meja yang sering digunakan untuk menyantap hidangan bersama dan jika perlu  tambahkan wadah khusus untuk meletakkan sisa piring yang sudah dipakai agar memudahkan mencucinya nanti. Tak lupa juga untuk mempersiapkan perlengkapan makan seperti piring, sendok, garpu, dan lainnya agar sesuai dengan jumlah tamu yang datang.

Baca lainnya  Gimana Sih Cara Merawat Kulkas 2 Pintu?

Halaman belakang menjadi area spesial

Halaman belakang via freepik ala duniamasak
Halaman belakang via freepik

Biasanya halaman belakang dari sebuah rumah merupakan area yang paling jarang dibersihkan sehari-hari, kecuali memiliki tukang kebun pribadi yang rajin merawatnya. Tentu untuk acara lebaran ini, halaman belakang perlu dirapikan kembali seperti halaman depan rumah. Mengapa demikian? Karena area ini dapat dijadikan sebagai area tambahan untuk keluarga berkumpul bersama dan area bermain untuk anak-anak. Buatlah halaman belakang yang nyaman dengan menambahkan kursi santai dan mungkin juga dapat melakukan kegiatan BBQ pada malam hari sehingga acara lebaran akan lebih berkesan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!