4 Tips Merawat Blender Agar Tidak Mudah Rusak

Tips Merawat Blender ala DuniaMasak via derekjohnsonnutrition.com

Merawat blender agar tahan lebih lama sebenarnya persoalan yang gampang-gampang susah ya sahabat duma! Kamu hanya perlu konsisten dan disipilin melakukan perawatan terhadap blendermu. Disamping itu, kamu juga sebaiknya menerapkan beberapa hal di bawah ini.

Tips Merawat Blender dengan Praktis

merawat Blender Miyako Blender via Duniamasak.com

Blender Miyako Blender via Duniamasak.com

1. Jangan Digunakan Terus-menerus

Menggunakan satu blender secara terus menerus tanpa memberikan jeda akan membuat blender lebih cepat rusak dan mati. Sebaiknya kamu memberi jeda paling cepat selama 30 menit untuk menggunakan blender yang sama lagi. Hal ini akan membuat motor blender bekerja lebih keras dan bila berlangsung dalam waktu lama akan mempercepat masa kerusakan blender. Gunakanlah blender sesuai rekomendasi penggunaan blender pada buku panduan. Karena bila tak sesuai, maka akan mendorong motor blender bekerja lebih lama dan akan memungkinkan lebih blender lebih cepat rusak dan mati.

Baca lainnya  Jajanan Jadul yang Masih Eksis di Jaman Now! Kamu Suka yang Mana?

2. Proses Pembersihan

Masalah yang sering dihadapi pengguna blender saat membuat olahan adalah menunda membersihkan alat tersebut setelah makanan atau minuman yang diinginkan didapat. Rasa malas itu ternyata dapat mengantarkan blender menjadi cepat rusak. Membersihkan blender baiknya dilakukan dengan sabun agar aroma atau sisa-sisa bahan makanan sebelumnya menempel. Namun, bila masih akan digunakan selanjutnya dengan resep yang sama, maka pencucian dengan air saja sudah cukup. Oiya, mesin atau motor penggerak blender tidak boleh terkena air ya! Setelah dibersihkan dengan air, pastikan sebelum dipakai, seluruh komponen blender kering.

3. Simpan di tempat yang Higienis

Blender akan semakin awet bila disimpan dalam kondisi kering di tempat yang juga kering. Blender juga dapat menyesuaikan dengan kondisi lemari yang ada. Jika kondisi lemarimu memungkinkan blender dan mesin berdiri jadi satu, maka baiknya disimpan dalam kondisi seperti itu agar memudahkan dalam penggunaan berikutnya. Namun jika tidak, maka wadah dan mesin blender dapat dilepas. Selain itu, ada baiknya blender ditempatkan dalam area dapur yang bersih dari serangan hama seperti tikus ataupun serangga lainnya agar higienis.

Baca lainnya  4 Makanan Berbahan Utama Kopi: Unik & Lezat!

4. Perhatikan Garansi

Sebelum membeli sebuah blender baru, ada baiknya memperhatikan garansi yang ditawarkan. Belilah blender di distributor resmi agar garansi yang kamu dapatkan sesuai dengan garansi pabrik. Blender dengan garansi yang singkat dapat diartikan brand tersebut tidak memperhitungkan penggunaan blender dalam jangka waktu yang lama. Namun, bila dalam penggunaan blender ternyata mengalami kerusakan, ada baiknya menghubungi pihak jasa perbaikan resmi sesuai dengan perusahaan pembuat blender. Ini dianjurkan demi keaslian komponen dan penanganan yang lebih baik.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!