Meriahnya Acara The 5th MICE Discovery Incentive Travel: Necessity Beyond Luxury

MICE Discovery 2018 dan DuniaMasak via dok. pribadi

Dengan keberhasilan rangkaian acara MICE Discovery yang terdiri dari Seminar dan Pameran sukses diadakan selama empat tahun berturut-turut mulai dari tahun 2015 hingga saat ini, maka dari itu mahasiswa-mahasiswi Diploma 4 Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2014 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti kembali menyelenggarakan “MICE DISCOVERY” yang kelima dengan tema “Incentive Travel: Necessity Beyond Luxury” yang diadakan pada hari Senin tanggal 7 Mei 2018 bertempat di Auditorium Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jl. IKPN Bintaro No. 1, Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Kemeriahan MICE Discovery Ke-Lima Mengusung Tema Incentive Travel

Diikuti 450 Peserta Dari Berbagai Kalangan

Diawali dengan kata sambutan oleh Harwin Hartanto selaku Ketua Pelaksana Seminar & Pameran The 5th MICE Discovery melaporkan tentang jumlah peserta seminar yang hadir, yaitu 450 orang yang terdiri dari pelajar, akademisi & praktisi. Pameran diikuti oleh 7 perusahaan termasuk sponsor.

Peserta MICE Discovery 2018 via dok. panitia MICE Discovery

Peserta MICE Discovery 2018 via dok. panitia MICE Discovery

Pada sambutan yang kedua, Drs. Amrullah, SH., M.Hum, MSi. Par. selaku Ketua Departemen Usaha Perjalanan Wisata Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti mengapresiasi antusiasme para peserta dan panitia The 5th MICE Discovery maupun pendukung acara yang turut hadir dan peduli akan pengembangan pariwisata Indonesia, khususnya melalui industri MICE. “Last but not least, kalau kita memiliki gagasan atau ide, kita harus mampu spread out atau menyebarkan dan bisa menjual gagasan kita sendiri serta ide-ide kepada masyarakat luas khususnya untuk masyarakat bangsa kita Negara Kesatuan Republik Indonesia.” tandas Amrullah.

Sambutan yang terakhir dari Wakil Ketua 2 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Dr. Nurbaeti, MM. mengapresiasikan kepada para Panitia The 5th MICE Discovery dan Ibu Monalisa Eka Shinta yang selalu setia mendampingi mahasiswa/i departemen Usaha Perjalanan Wisata sejak MICE Discovery pertama pada tahun 2015 hingga 2018 yang merupakan rangkaian daripada acara Hari Ulang Tahun Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang ke-49, serta menitikberatkan pengembangan sektor pariwisata di Indonesia yang salah satunya adalah di bidang MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) yang mana pemerintah saat ini telah menempatkan MICE sebagai produk unggulan pariwisata karena telah berhasil mendatangkan sejumlah wisatawan mancanegara dan meningkatkan pendapatan devisa Negara Republik Indonesia. “Dalam industri MICE, Indonesia memiliki keunggulan disektor wisata Incentive.” Pembukaan pun resmi ditandai secara simbolis oleh Wakil Ketua 2 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Ketua Departemen Usaha Perjalanan Wisata Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Akademisi dan Asesor MICE, Kepala Sub. Bidang Olahraga dan MICE Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Director of External Relations Pacific World Nusantara, Moderator Seminar The 5th MICE Discovery, serta Ketua Pelaksana Seminar dan Pameran The 5th MICE Discovery.

Baca lainnya  Rayakan Microwave Oven Day Dengan Rosemary-Garlic Roast Turkey 

Pengembangan SDM MICE serta Sertifikasi MICE dalam Industri Pariwisata

Moderator Monalisa Eka Shinta, M.Par memperkenalkan sekaligus mempersilahkan narasumber pertama, Akademisi dan Asesor dibidang MICE Sudarno, SE., M.Si., untuk membawakan Materi “Pengembangan SDM MICE serta Sertifikasi MICE dalam Industri Pariwisata”. Sudarno mengatakan bahwa segmen pasar MICE sedikit berbeda dengan pariwisata biasa dan dibagi menjadi 3 bagian, yakni: Government, Association, and Coorperate. “Pariwisata sekarang lebih kreatif karena dalam bidang MICE ada Incentive Travel. Incentive Travel jauh berbeda dengan travel biasa karena pengeluaran wisatawan bisa 10-15 kali lipat dari biasanya, karena Incentive Travel ada sesuatu yang tidak bisa dilupakan jadi orang tersebut biasanya tidak pernah mengalami hal tersebut atau disebut juga dengan Unforgettable Moment.” Selain itu, Sudarno juga menjelaskan tentang Revolusi MICE, kesiapan SDM (Sumber Daya Manusia) dalam pengembangan MICE, serta penjelasan tentang LSP MICE dan fungsi sertifikasi MICE.

Speakers MICE Discovery 2018 via dok. panitia MICE Discovery

Speakers MICE Discovery 2018 via dok. panitia MICE Discovery

Narasumber kedua, Reitha Fariza Hanividya selaku Kepala Sub. Bidang Olahraga dan MICE Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melanjutkan seminar dengan paparan “Wajah MICE dan Incentive Travel di Indonesia”. Reitha menyatakan bahwa Industri MICE memiliki tujuan yaitu bisnis yang umumnya dilakukan oleh kelompok besar dengan tujuan tertentu, yang diklarifikasikan sebagai point of tourist yang cenderung menghabiskan uang dalam jumlah besar dari wisatawan biasa. “Untuk saat ini, posisi Incentive Indonesia di Asia yaitu mendapatkan peringkat 5 dari 10 top Negara Asia, diharapkan tahun 2019 wisatawan MICE mencapai 2.000.000 wisatawan.” Reitha juga menjelaskan strategi dan prioritas pengembangan Destinasi Wisata MICE.

Baca lainnya  Ciri Kentang yang Berkualitas, Perhatikan Hal-hal Berikut ini!

Director of External Relations Pacific World Nusantara Ida Bagus Lolec menutup seminar sebagai narasumber ketiga dengan topik “Pasar Penghasil Wisatawan MICE khususnya Incentive”. “Kesempatan untuk berkembang dibidang MICE khususnya Incentive sangat luar biasa dan harus ada keberanian dalam diri yang mengatakan “I have to go to that direction” yang artinya saya mengambil peluang itu demi kepentingan masa depan saya.” tutur Lolec. “Untuk menjadi Incentive Player kita dilatih untuk menjadi saklek/tegas.”

The 5th MICE Discovery didukung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, ASPERAPI (Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia), HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia), ITLA (Indonesian Tour Leaders Association), SMAILING TOURS, berbagai media cetak dan elektronik maupun perusahaan sebagai sponsor. Acara ini merupakan Ujian Akhir Semester Praktik dari mata kuliah Manajemen Acara yang saat ini menjadi program unggulan tahunan dari Departemen Usaha Perjalanan Wisata Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Tema yang diangkat dalam penyelenggaraan tiap tahunnya yakni untuk peluang usaha industri khususnya bidang MICE dengan pelaksanaan yang kreatif, inovatif, dan mempesona.

Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi:

Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:
Maharani Muditasari Dewi
Media Coordinator
The 5th MICE Discovery
(0813-1480-8194)
[email protected]
Instagram: @micediscovery2018
Twitter : @micediscovery18
Facebook: facebook.com/micediscovery18

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!