Yuk Cari Tahu Perbedaan Mie Instan Indonesia, Jepang dan Korea!

Perbedaan Mie Instan Indonesia, Jepang dan Korea via freepik ala tim duniamasak

Negara-negara di Asia pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mie instan. Namun setiap negara pasti memiliki mie instan dengan ciri khas masing-masing. Umumnya perbedaan yang paling mencolok adalah pada bumbunya. Kali ini tim Duniamasak akan mengulas perbedaan mie instan Indonesia, Jepang dan Korea secara lengkap, yuk disimak!

Perbedaan Mie Instan di Negara Asia

Perbedaan Mie Instan Indonesia, Jepang dan Korea via freepik ala tim duniamasak
Mie Korea via freepik

Mie instan dibeberapa negara Asia menjadi favorit banyak orang. Pasalnya mie instan sangat mudah untuk dimasak dan rasanya pun sangat lezat. Walaupun sama-sama merupakan mie instan, namun ternyata setiap negara memiliki beberapa perbedaan lho sahabat Duma. Berikut ini adalah perbedannya:

Bumbu

Bumbu yang ada pada tiap mie instan berbagai negara memiliki banyak perbedaan karena disesuikan dengan citarasa dari negara tersebut. Umumnya untuk bumbu dari negara Korea berisi bubuk kaldu dan sayuran yang kering. Jika mie memiliki rasa keju, maka akan ada tambahan bubuk keju pada mienya. Untuk Indonesia dan Jepang, bumbu mie terdisi dari bubuk kaldu, minyak dan sayuran kering, hanya saja jika mie instan Jepang terkadang menggunakan mayonaise sebagai pelengkap. Mie goreng Indonesia memiliki perbedaan pada kecap manis, bawang goreng dan saus.

Baca lainnya  Menyambut Ulang Tahun DuniaMasak: Diskon Besar-besaran!

Berat Kemasan

Ukuran mie instan dari negara Korea umumnya sangat besar dengan berat sekitar 115-140 gram. Untuk mie instan jepang terdapat dua variasi ada yang kecil sekitar 85 gram dan ada juga yang berukuran besar sekitar 100-120 gram. Sedangkan untuk mie instan di Indonesia memiliki berat sekitar 70-85 gram saja. Makanya sahabat Duma jangan heran yaa jika Korea mie instannya berukuran besar. 🙂

Nama

Mie instan di negara Jepang disebut dengan ramen dan korea disebut ramyeon. Sedangkan di Indonesia tetap dengan nama mie instan yaa.

Varian

Umumnya mie instan Indonesia terdapat pilihan yaitu mie instan kuah dan goreng. Mie instan Indonesia lebih tipis jika dibandingkan dengan mie instan Korea. Untuk mie Instan Korea sendiri biasanya banyak yang berkuah. Jika pun ada yang tanpa kuah mie instan tersebut memiliki rasa chajangmyeon dengan saus berwarna hitam. Mie instan Korea sangat tebal dan lebih tebal jika dibanding dengan mie instan pada negara Indonesia dan Jepang. Terakhir jenis mie instan Jepang yang mirip dengan Indonesia yaitu kuah dan tanpa kuah.

Baca lainnya  Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara, Kalian Pernah Coba yang Mana?

Halal

Mie instan keluaran Indonesia memiliki hampir semua memiliki label Halal. Sedangkan mie instan produk Korea dan Jepang yang dijual di Indonesia sudah ada beberapa yang bersertifikat Halal. Namun ada baiknya sebelum membeli produk dari luar di cek dahulu label Halal pada kemasannya.

Nah itu dia beberapa perbedaan mie instan Indonesia, Jepang dan Korea yang wajib sahabat Duma ketahui. 🙂

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!