Tak Disangka, 5 Hal Sepele ini Bisa Menyebabkan Gemuk!

5 Hal Sepele ini Bisa Menyebabkan Gemuk bersama DuniaMasak via health.detik.com

Seringkali kita kebingungkan jika berat badan bertambah secara bertahap maupun drastis tanpa disadari. Padahal, tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan gemuk dengan cepat. Nah, ternyata banyak hal-hal sepele yang menyebabkan gemuk lho! Nah, penasaran nggak sih sahabat duma? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Hal Sepele yang Menyebabkan Gemuk

Hal yang menyebabkan gemuk via www.klikdokter.com

Hal yang menyebabkan gemuk via www.klikdokter.com

1. Terlalu Banyak Tidur

Pola tidur ternyata sangat berpengaruh terhadap berat badan lho! Tidur yang cukup dan seimbang memang sangat diperlukan tubuh. Jika terlalu sedikit tidur, tubuh kita akan lebih sering memproduksi hormon kortistol yang dapat menambah nafsu makan, akibatnya pertambahan berat badan tak dapat dihindari lagi. Namun, di sisi lain, terlalu banyak tidur juga tak baik untuk kesehatan lho! Menurut sebuah penelitian yang dilakukan INPES Health Barometer, tidur lebih dari 10 jam dapat menyebabkan indeks massa tubuh yang lebih tinggi. Selain itu, terlalu banyak tidur dapat diasosiasikan pada gangguan kejiwaan. Nah, mulai saat ini, sebaiknya kamu harus menciptakan jadwal tidur yang seimbang ya!

Baca lainnya  Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut ini untuk Melancarkan Pencernaan!

2. Bersiap-siap di Ruangan yang Gelap

Terdengar sepele memang. Namun, setelah bangun tidur ada baiknya kamu langsung membuka tirai jendela dan biarkan sinar matahari masuk. Lagi-lagi berdasarkan penerlitian yang diterbitkan PLOS One menunjukkan bahwa cahaya matahari di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Bahkan terkena sinar matahari di pagi hari selama 20-30 menit mampu mempengaruhi indeks massa tubuhmu.

3. Tidak Merapikan Tempat Tidur

Lagi-lagi hal sepele. Meski kedengarannya aneh, tapi tindakan sepele ini mampu mempengaruhi massa tubuhmu. Sebuah studi yang dilakukan olehย US National Sleep Foundationย mengungkapkan bahwa orang-orang yang merapikan tempat tidur mereka mendapat kualitas tidur yang lebih baik. Jika kamu mendapat kualitas tidur yang baik maka kesehatanmu dapat optimal. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk merapikan tempat tidurmu sebelum dan sesudah tidur.

Baca lainnya  WOW! Ternyata Jenis Kimchi Ada Banyak Lho!

4. Tidak Menimbang Berat Badan Secara Rutin

Walaupun banyak orang menghindari timbangan karena takut mengalami angka berat badan yang bertambah. Sebenarnya salah satu teknik untuk mendorong kita mengalami penurunan berat badan yakni menimbang. Ya, kamu tak harus sering melakukannya agar tak membuatmu semakin stres. Oleh karena itu, cukup lakukan dalam beberapa minggu setelah melakukan olahraga dan diet. Tapi jangan sampai tak pernah menimbang berat badanmu ya sahabat duma!

5. Sedikit Sarapan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Tel Aviv menyebutkan bahwa kamu harus mendapat banyak asupan yang sehat dan lezat di pagi hari. Faktanya, sarapan yang seimbang dan tak terlalu berlebihan dapat membantumu lebih cepat kenyang dan menjaga fokus saat bekerja. Selain itu, sarapan yang seimbang juga dapat mengatur rencana dietmu sehari-hari dengan mudah. Pastinya jika kamu hanya mengonsumsi sedikit sarapan setiap hari, akan besar kemungkinan untuk menyebabkan gemuk lho!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!