Semarak Ulang Tahun Jakarta, Cicipi Kuliner Betawi ini!

kuliner betawi nasi ulam via jakartajive.com ala tim duniamasak.com

Ulang tahun Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni. Tepat di hari ini usia kota Jakarta bertambah satu tahun. Perayaan ulang tahun Jakarta tidak luput dari sentuhan budaya Betawi. Mulai dari tarian tradisional Betawi hingga ragam sajian kuliner Betawi pun ikut meramaikan perayaan ulang tahun Jakarta. Tidak bisa dipungkiri, kuliner Betawi memang sangat nikmat dan lezat. Berikut ini adalah rekomendasi kuliner Betawi yang wajib sahabat Duma cicipi!

Nikmatnya Kuliner Betawi

kuliner betawi sayur besan via idntimes.com ala tim duniamasak.com
Sayur besan via idntimes.com

Daun salam, serai dan juga bawang merah merupakan salah satu bahan masakan andalan di setiap sajian kuliner Betawi. Selain itu akulturasi budaya bangsa lain juga turut mempengaruhi beragam masakan Betawi. Oleh sebab itu banyak masakan-masakan Betawi yang kaya akan rasa dan bentuk. Bagi sahabat Duma yang penasaran dan ingin mencoba kuliner Betawi dalam perayaan ulang tahun Jakarta, yuk disimak!

Baca lainnya  Rekomendasi Fusion Food Indonesia Terlezat di Jakarta

Gurame pecak

Pecak, merupakan salah satu hidangan khas Betawi yang lezat. Ikan gurame digoreng serta disiram dengan sambal cair. Terdapat dua jenis sambal pecak, yang pertama menggunakan kacang tanah sehingga kuahnya terlihat lebih keruh sedangkan yang kedua tanpa kacang tanah sehingga airnya terlihat lebih bening.

Jika ingin mencicipi gurame pecak cobalah mampir ke RM H Nasun di Jagakarsa dan H Muhayar di Pasar Minggu.

Nasi ulam

Nasi ulam adalah nasi putih biasa yang diaduk dengan lauk pauk biasanya serundeng, taburan kacang serta bawang merah. Selain itu ada juga tambahan lauk lainnya seperti cumi kering, dendeng sapi manis dsb.

Nasi ulam yang wajib sahabat Duma coba berada di Nasi Ulam Misjaya dan Nasi Ulam H Yoyo di Gang Dodol.

Baca lainnya  Berbagi Inspirasi di Hari Kasih Sayang Bersama Cynthia Zain

Gabus pucung

Gabus pucung adalah sajian ikan gabus dengan bumbu khas betawi. Kluwek adalah bahan utamanya yang mirip sekali dengan rawon atau brongkos, hanya saja kuah gabus pucung lebih kental. Sahabat Duma jangan terkecoh dengan tampilannya yang serba hitam, karena bila bicara soal rasa gabung pucung sangat juara!

Gabus pucung yang terkenal dan wajib sahabat Duma coba adalah di Dodol Nyak Mai Jagakarsa dan Dapur Betawi Pondok Cabe.

Sayur besan

Sayur besan umumnya terdapat pada hajatan atau pernikahan Betawi. Sayur ini menyiratkan hubungan dengan besanan (besanan dalam pernikahan). Sayur ini mirip dengan telur ikan terubuk.

Sahabat Duma dapat mencoba sayur ini di Dapur Betawi Pondok Cabe. Hanya saja saru besan ini tidak tersedia setiap hari.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!