WOW! Ternyata Jenis Berry Banyak Banget Loh

Jenis berry via freepik ala duniamasak

Jika sering menyantap yogurt atau memakan roti dengan selai, maka sudah tidak akan asing lagi dengan buah-buahan ini. Ya,ย berryย adalah salah satu jenis buah yang banyak ditemui berbentuk bulat dan kecil. Walaupun beberapa terbilang mini, namun khasiatnya tidak kalah hebat dengan buah lainnya yang berbentuk besar. Tahukah kamu bahwa ternyata jenis berry mempunyai banyak bentuk dan warna serta manfaat yang beragam?

Beberapa Jenis Berry Beserta Manfaat

Blackberry

Jenis berry Blackberry via freepik ala duniamasak
Blackberry via freepik

Dari namanya saja tentu sudah jelas bahwa buah berry ini berwarna hitam. Blackberry sangat kaya akan vitamin C dan vitamin K. Selain itu, zat polyphenols didalamnya juga sangat efektif dalam meningkatkan kinerja jantung, memperlancar peredaran darah, dan mengontrol kadar kolestrol. Penelitian mengatakan bahwa buah blackberry liar mengandung polyphenols 3-5 kali lebih banyak dibandingkan dengan tanaman hasil budidaya.

Blueberry

Jenis berry blueberry via freepik ala duniamasak
Blueberry via freepik

Selain blackberry yang terkenal dengan namanya yang mudah diingat karena warnanya, berry yang satu ini juga sangat populer. Blueberry banyak ditemukan dalam dessert seperti kue maupun diolah menjadi selai. Buah berry ini mengandung banyak zat gula dari karbohidrat dibandingkan dengan berry lainnya. Namun dibalik semua itu, zat anti carcinogenik didalam blueberry bisa memperbaiki rasa sensitif di kelenjar insulin. Selain itu, blueberry juga kaya akan vitamin K, vitamin C , dan mangan sehingga baik untuk menjaga kadar kolestrol baik di dalam tubuh.

Baca lainnya  Apa Saja Perbedaan Jenis Kulkas? Kenali Perbedaannya!

Cranberry

Jenis berry cranberry via freepik ala duniamasak
Cranberry via freepik

Jenis berry yang satu ini sangatlah mini dan lembut dilidah. Cranberry banyak digunakan untuk dijadikan saus pelengkap masakan kalkun pada hari Thanksgiving di luar negeri. Hal itu timbul karena cranberry memiliki rasa yang sedikit asam sehingga mudah diolah dengan masakan yang mengandung gula tambahan atau minyak sayur. Di balik rasanya yang asam, sebenarnya cranberry mengandung banyak vitamin C dan berkhasiat untuk mengobati penyakit infeksi saluran air seni.

Raspberry

Raspberry via freepik ala duniamasak
Raspberry via freepik

Raspberry atau yang lebih dikenal dengan buah arbai adalah jenis berry yang memiliki rasa manis dan sedikit asam. Buah berry ini biasanya digunakan untuk topping yogurt dan sereal untuk sarapan. Raspberry mempunyai lebih banyak kandungan serat dari pada gula dan karbohidrat sehingga sering disarankan untuk menu pelengkap saat melakukan diet. Selain itu, buah berry ini juga kaya akan berbagai jenis polyphenol yang efektif mengurangi resiko terkena penyakit yang menyerang proses pembentukan energi di dalam tubuh.

Baca lainnya  Trik Cara Memasak Buat Kamu Para Pemula

Strawberry

Strawberry via freepik ala duniamasak
Strawberry via freepik

Berry yang satu ini merupakan yang paling terkenal di dunia. Ya, strawberry paling sering digunakan dalam berbagai jenis masakan dan bisa juga dimakan langsung begitu saja. Buah berry jenis ini memiliki rasa yang asam dan sedikit rasa manis. Strawberry sangat kaya akan vitamin C dan antioksidan sehingga bisa memenuhi kebutuhan dalam tubuh. Buah ini bisa dibilang mempunyai ukuran yang cukup besar dibandingkan dengan berry yang lain.

Selain lima jenis berry diatas; terdapat juga buah red mulberry, goji berry, elder berry, goose berry, cloud berry, dan masih banyak lagi. Tentu saja masing-masing terdapat khasiatnya tersendiri sehingga bisa dibilang buah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kalau Duma paling suka buah Blueberry untuk dijadikan yogurt. Kamu suka yang mana? Jangan lupa pilih dan tulis di kolom komentar ya ๐Ÿ˜€

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!