Pilihan Rempah Berikut Sebagai Pengganti Micin!

Pengganti Micin via freepik ala tim duniamasak.com

Masakan dan bumbu adalah hal yang tidak bisa dipisahkan, selain untuk memberikan rasa sedap pada masakan bumbu juga berfungsi untuk merangsang usus agar dapat mencerna makanan dengan baik. Demi mendapatkan masakan yang lezat kebanyakan ibu-ibu biasanya menggunakan bumbu Monosodium Glutamate (MSG) atau yang lebih kita kenal dengan sebutan micin. Makanan yang diberi micin memang cenderung lebih lezat karena micin berfungsi sebagai penyedap pada masakan. Akan tetapi penggunaan micin yang berlebihan dipercaya tidak baik untuk kesehatan tubuh sehingga banyak yang memilih mengurangi atau bahkan menghilangkan micin dari masakannya. Salah satu cara mengurangi penggunaan micin adalah dengan menggunakan rempah-rempah pengganti micin.

Beberapa Rempah Pengganti Micin sebagai Penyedap Makanan

Pengganti Micin via freepik ala tim duniamasak.com
Bawang Putih via freepik

Rempah merupakan tanaman dengan aroma kuat yang biasa digunakan untuk perasa pada makanan. Bahan tersebut berasal dari tanaman alami sehingga dipercaya lebih menyehatkan dibanding menggunakan perasa buatan seperti micin. Konsumsi micin dianjurkan tidak lebih dari  2.5 gram sampai 3 gram atau sekitar setengah sendok makan per hari untuk Anda yang memiliki berat badan 50 hingga 70 kg. Micin atau MSG mengandung natrium jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan hipertensi dan potensi terserang stroke. Untuk menghindari penggunaan micin yang berlebihan Anda dapat menggunakan bumbu alternatif lain pada masakan Anda, karena masakan tanpa bumbu penyedap memang kurang lezat. Beberapa rempah yang dapat menggantikan micin sebagai penyedap dalam makanan yaitu:

Baca lainnya  Ampuh Memutihkan Kulit Tubuh dalam 1 Minggu, Apa Sih Rahasianya?

Bawang Putih

Bawang putih termasuk bumbu wajib dalam kebanyakan masakan Asia. Salah satu bahan yang termasuk rempah ini memiliki cita rasa gurih yang dapat menggantikan micin pada masakan. Bawang putih yang digoreng dan dijadikan bubuk juga bagus digunakan untuk memasak sup, bubur, dan sejenisnya. Selain gurih bawang putih ternyata juga memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan diantaranya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol, mengendalikan tekanan darah, dan menjaga kesehatan otak.

Lada atau Merica

Selain memiliki cita rasa pedas, lada atau merica yang dicampur dengan gula dan garam juga dapat memberikan cita rasa sedap pada masakan sehingga dapat digunakan sebagai opsi pengganti micin. Rempah yang satu ini juga memiliki khasiat di bidang kesehatan seperti dapat mengobati asma, masuk angin, diare, dapat melegakan saluran pernafasan, dan melancarkan aliran darah di sekitar kepala. Jika cuaca sedang dingin makanan yang mengandung lada atau merica juga dapat menghangatkan tubuh.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang banyak digunakan untuk masakan tradisional Indonesia. Rempah yang identik dengan warna kuning ini dapat digunakan sebagai alternatif pengganti micin terutama pada masakan seperti nasi kuning, opor, kari, atau gulai. Kunyit mudah tumbuh diberbagai jenis tanah, Anda bisa menanamnya di pekarangan untuk mendapatkan kunyit yang  sehat.

Baca lainnya  Tips Membeli Peralatan Rumah Tangga Bagi Kamu yang Baru Saja Pindah Rumah Baru

Jinten

Jinten merupakan tanaman rempah yang biasa tumbuh liar di pekarangan, tanaman ini memiliki akar yang biasa digunakan sebagai rempah. Akar jinten ini jika ditambahkan ke dalam masakan akan memberikan cita rasa lezat pada makanan karena rasanya yang gurih dan sedikit pedas. Sebelum digunakan sebagai bumbu jinten harus dikeringkan dan dihaluskan sehingga menjadi bubuk terlebih dahulu. Jinten yang dipadukan dengan ketumbar akan cocok untuk memasak daging ayam. Rempah satu ini juga memiliki beberapa khasiat diantaranya adalah mencegah anemia, melancarkan pencernaan, sebagai obat untuk penderita insomnia, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa rempah yang dapat Anda jadikan alternatif pengganti micin dalam masakan. Rempah mudah didapatkan di berbagai tempat seperti pasar atau swalayan. Pilih rempah yang sehat sehingga kandungan di dalamnya masih utuh, selain dapat melezatkan makanan juga dapat menyehatkan tubuh.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!